Kegagalan Pertama

Setelah menunggu 10 hari akhirnya batin gue lega. Ya, selama 10 hari itu gue menunggu jawaban magang dari salah satu media terkeren di Indonesia.  Sejak awal gue memang niat banget untuk nge apply ke sini, hingga suatu hari jalan terbuka lebar lewat seorang kakak senior yang pernah magang disana. Bisa dikatakan perjuangannya cukup rumit, dimulai dengan debat masalah kost di jakarta, masalah jarak, masalah keuangan dan lain-lain. Hingga akhirnya gue memutuskan nekat tetep nge apply kesana saat mamah gue mulai setuju. Sebelum berangkat, mamah mengiringi gue dengan doa beserta beberapa rupiah untuk ongkos uji coba peruntungan  ke ibu kota. Dengan bantuan sodara, akhirnya gue bisa punya tempat nginep di kota yang mahal itu.

Modal keyakinan, gue sama irma mulai berangkat dengan menjalani perjalanan amat panjang dari bandung ke lebak bulus. Panas, mual, gerah dan hampir pingsan cukup membuat gue setengah mati diem di bus tanpa ada yang ngajak bicara. Semua selesai saat tiba di terminal lalu pergi ke rumah untuk istirahat.

Paginya begitu cerah, jalanan ibu kota memang padat sekali. Hari itu gue siap dengan interview, namun ada sedikit kendala di perut kalo lagi deg-degan. Saat nyampe dilokasi terlihat gedung yang luas dan bagus, dengan bertanya-tanya akhirnya sampai juga di depan kantor redaksi. Sambil menunggu, gue masih komat-kamit sambil mencoba ngilangin mules yang masih aja kerasa.

Tibalah gue ketemu sama HRD dan dipanggil masuk satu persatu, alhamdulillah lancar saja dalam menjawab pertanyaannya. Setelah sesi pertanyaan, ternyata masih ada seleksi menterjemahkan. Gue kaget karena ngerasa gak jago bahasa inggris, namun dengan yakin gue tetap ngerjain semampunya. Setelah selesai, tibalah perintah untuk menunggu 10 hari jawaban dari seleksinya.

Dan tepat hari ini gue dikirimi email dari HRD nya dan dinyatakan tidak bisa diproses lebih lanjut atau artinya ya gak keterima. Kecewa ? sudah pasti, ya sambil sesekali menahan isak tangis yang akhirnya pecah juga. Orang yang paling dibutuhin sih ya mamah, gue langsung telepon dan ceritain semuanya. Mamah cuman ketawa dan bilang “Atuh kenapa kamunya gak serius, masa inggris aja gabisa. Nanti kamu harus les sebelum kerja” . Entah faktor apa yang kurang, namun gue tetep positif thinking. Mamah mulai mengeluarkan kata-kata mutiara khas quote di internet yang bikin gue berenti terisak. Sambil sesekali bercanda dan maksa banget nyuruh gue magang di telkom garut supaya bisa diem dirumah.

Gue selalu percaya, dalam sebuah takdir pasti ada sebuah alasan dibaliknya. Namun gue puas, karena setidaknya gue udah mencoba dan berusaha dibanding tidak sama sekali, bukan? Mamah juga bilang, ini kegagalan yang pertama.  Setidaknya habiskan semua jatah gagalmu saat muda (gitu sih kata bang jek) , ya dengan pernah gagal bukan berarti harus berhenti berharap kan? Suatu hari nanti gue bakal balik lagi ke kantor itu buat ngelamar jadi karyawan hehe, Amiin..

Cuman ditolak magang terus bikin curhatan? Buat gue magang adalah sesuatu yang serius, dimana ibaratkan ya kaya kita ngelamar kerja aja. Rasa interviewnya aja kaya wawancara beneran, bahkan dikasih tes inggris nya aja pake soal yang buat calon karyawan. Jadi wajarlah kalo ada rasa sesek hihi,  tapi gue bakal nyoba nyari ditempat lain buat menyalurkan hobi nulis ini. So segitu dulu lah, setelah hiatus eh gue balik lagi malah bikin cerita sedih ehehe. Gakpapa lah, daripada ditunda terus dan akhirnya males nulis kaya kemaren-kemaren. Sampai jumpa di tulisan selanjutnya yaaa, thathaa..






CONVERSATION

1 comments:

Back
to top