Danusan Strike!!



Hallo gengs, apakabs nih? Mumpung lagi mood buat nulis dan kebetulan juga ide-ide minta segera dibuatkan cerita, gue mau ngebahas salah satu trend yang lagi booming dan hitz dikalangan para pejuang TAK dan para pencari pengalaman, apa hayo? Kalo  kalian seorang mahasiswa yang pernah ikut kepanitiaan dikampus pasti udah gak asing lagi dong sama yang namanya DANUS. Yup, kata Danus atau singkatan dari Dana Usaha ini membuat gue merinding dan trauma karena beberapa pengalaman yang kurang mengenakan tentang si danus ini. Kenapa ya? Simak terus Cerita ini babe..

Hari ini seperti biasa merupakan hari yang paling malesin sedunia. Selain hari ini bertitle “Senin”, hari ini juga gue harus kuat-kuat dan sabar berhadapan dengan 3 matkul yang cukup serius itu. Hp Nokia cinitnit itu berbunyi tepat pukul 06.30 WIB, dengan segera aku terbangun dan me-ngeset alarm ke pukul 07.00 lalu tidur lagi. Setengah jam waktu yang cukup cepat sehingga gue harus segera mandi, mengantisipasi skip karena jatah absen yang sudah habis. Dengan mencoba semangat gue menelusuri jalanan pinggir kali PGA sambil mata setengah merem, perut keroncongan tapi isi dompet sangat-sangat menyebalkan hari itu. Gak terasa  udah sampe aja di kampus, saat buka pintu kelas ada 3 orang yang berteriak dan menawari makanan yang ada pada kotak putih. Mereka berkata “Ana, ayo beli danusan aku ih. Cuman 2000an aja, eeeeh ini aja na bukan gorengan nih” seketika gue langsung melek dan merogoh kocek sebesar 2000 rupiah untuk sebuah makanan yang bernama Cheese Stick.

Selama dikampus, banyak mahasiswa yang berseliweran sambil bawa kotak putih khas anak kepanitiaan. Dengan isi kotak yang beragam, mulai dari ekado-ekadoan, cheese stick, brownies, risoles, lemper, dan lain-lain.  Dengan total yang nyampe 40 ribu lebih membuat para pendanus harus berjuang supaya makanan nya laku dan dia bebas dari biaya nombok ke panitianya. Selama ini gue merhatiin makanan yang dipake danus pasti itu-itu aja, karena semacam budaya kepanitiaan kalo beli makanan yang murah cuman di pasar kaget depan Borma. Pasar makanan kue basah itu buka dari subuh hingga jam 6 pagi, beragam makanan dan kue basah ada disana. Harga yang ditawarkan sangat beragam dan murah-murah, mulai dari 750-2500an ada. Rasanya juga ya lumayan enak, makanya suka laku kalo dipake danusan. Tapi hal ini juga yang bikin mahasiswa bosen sama makanan danusan, gorengan terus, gorengan terus lalu gorengan lagi.

Gue bisa alergi denger kata danusan, bahkan karena danusan juga yang bikin gue gapernah mau ikut kepanitian lagi. Gue pernah ikut salah satu kepanitian di kampus, acara itu merupakan salah satu acara perayaan ulang tahun UKM tercinta.Dulu gue masih polos dan gapaham kepanitiaan itu kaya gimana, joinlah ke acara itu sebagai jejak pertama memasuki dunia kepanitian. Acara ini menyenangkan, gue juga sangat enjoy ngikutin tahapan-tahapannya. Tapi ada sesuatu yang bikin gue kaget, Yap ternyata gue harus danusan. Awalnya gue seneng-seneng aja tuh jualan makanan sebelum akhirnya danusan gue gak laku dan gue harus nombokin sampe beratus-ratus ribu sampe acara selesai dan diomelin mama karena gue harus minjem duitnya buat nombokin itu semua, oke ini yang paling gue gak suka. Baiklah, mungkin orang lain nganggap gue pelit atau apalah, dan gue juga sadar betul itu semua ada resiko sebagai panitia. Tapi mana mau gue ngeluarin duit untuk bayar kerugian atas apa yg gak gue perbuat? Kayanya budget gue hidup dibandung emang gak cocok kalo nyambi ikut kepanitian. Sejak danusan pertama gue, tiap ada yang nawarin acara kepanitiaan apapun pasti yang pertama gue tanya adalah “Ada danusan gak?” tapi sampe sekarang gue gapernah mau lagi sih jadi panitia, mending jadi pesertanya aja deh gue mah, lagian TAK juga udah penuh mau ngapain lagi hahaha (sombong)..

Danusan itu menyenangkan gue rasa, ada tantangan dan bikin degdegan tiap harinya. Gak salah lah kalo beberapa orang ketagihan jadi panitia dan rela ngedanus beberapa hari perminggunya. Kepanitiaan juga gak salah lho, karena metode danusan ini cukup menghasilkan untung yang banyak sehingga acaranya bisa terlaksana dengan baik. Ini cuman pengalaman gue soal danusan ya, tidak ada maksud apapun unutk memojokan kalangan tertentu jadi gausah dibawa serius ya beib. Oke sekian aja dulu catatan danusan kali ini, dan gue mau ngucapin selamat berjuang untuk para pendanus di kampus ku, Love Yaaaah!! Thathaaa..



CONVERSATION

1 comments:

  1. teh, dulu kuliahnya dimana? trus beli buat danusan di pasar kaget depan borma? borma yang mana teh? plis help me wkwk

    ReplyDelete

Back
to top