Kuliah Negri atau Swasta ?

"DEG" tiba-tiba gue terbangun karena suara entah apa itu yg jatuh di luar sana , aduh kalo gini susah tidur lagi .
Nongkrongin facebook bosan , twitter juga sama , bbm kaga ada yg nge chat yaudah gue nyoba ngeblog lagi walaupun ini isinya curhatan gue , tapi bodo amat lah ini kan blog gue hehe.
Cukup intro nya gay , eh guys :p
Kali ini gue mau curhat tentang KULIAH. Buat yang baru lulus kaya gue , itu tuh semacam Konspirasi hati lah , dimana lu ga boleh salah pilih kalo lu gak mau nyesel di kemudian hari. Dan impian semua siswa pasti kuliah di negri dong ? Yaps selain lebih "KEREN" dan juga lebih irit (karena bebas uang pangkal) , kuliah negri lebih di perhitungkan di dunia kerja , gak ngiler gimana tuh ?
Nah , sama gue juga kepengen banget kuliah di negri , alhasil gue nyoba SNMPTN , itu loh kaya seleksi masuk PTN pake jalur nilai Raport . Nah , disini gue gak terlalu yakin karena nilai gue standaran KKM , ya gue ga ngarep banget sih tapi apa salah nya nyoba , siapa tau ada rezeki nya. Nah , sambil nungguin gue lolos apa engga ke univ negri , gue nyoba seleksi ke salah satu universitas keren di Bandung , pasti agak asing denger  "TELKOM UNIVERSITY" , yaps karena sebelum jadi universitas , kampus ini terkenal dengan IT TELKOM . Gue ngambil jalur UTG-1 dengan prodi Desain Komunikasi Visual . Entah hasrat apa sampe gue pengen banget masuk ke telkom itu , bahkan gue nekat sampe mau masuk ke jurusan yang gue gak suka sama sekali . Secara kan Desain kebanyakan tentang gambar , dan gue benci banget gambar . Gue udah mau putus asa aja sama itu univ , apalah kalo kuliah gak sesuai hati nurani ? Kalo mogok tengah jalan kan kasian orang tua yang udah bayar mahal-mahal eh kita nya gak bener . Alhasil gue sempet berhenti ambisi masuk telkom , dan gue dapet tawaran UNPAS dengan prodi ilmu komunikasi , tawaran itu dari mama . Tapi , tetep hati ini pengen ke telkom , tapi di bagian hati yang lain gue pingin ke IKJ , yaps karena gue sekolah jurusan broadcasting dan gue pengen berkarir disana . Apalah daya , biaya IKJ cukup lumayan , dan karena jarak pula mama kurang setuju . Akhirnya gue setuju kalo gak lolos ke telkom , gue pilih unpas . Sehari sebelum gue berangkat ke bandung , gue sempet galau buat ngadepin test UTG itu . Dan entah ada bisikan dari mana , gue buka-buka kalender TELKOM hadiah dari kaka-kaka senior di acara peak event Rampes Garut , dan gue nemu sesuatu yang tak terduga , yaps di telkom ada jurusan ilmu komunikasi nya , tepat nya di fakultas ekonomi dan bisnis . Gue nanya ama temen kenalan dan seperjuangan lewat facebook , rencana nya kalo bisa gue pengen nambah daftar prodi target , gue hubungin official nya lewat whatsapp , dan tuhan melancarkan segala nya . Masuk nya ilmu komunikasi di prodi pilihan pertama dan dkv di pilihan kedua tepat sehari sebelum tes. Amazing banget , hari itu entah mengapa tuhan mengerti , tuhan lancarkan semua nya . Terimakasih ya allah , subhanallah .
Pengumuman , jengjengjengggg yaps gue keterima di Telkom dengan jurusan ilmu komunikasi. 2014, gue seneng bangeeeeet dan gue kabarin ke orang tua , mereka senang . Eits , tapi gue daftar snmptn kan , tapi ya gue pesimis sama hasil nya. Karena orang tua dukung ke telkom , yaudah akhirnya gue registrasi semuanya .
27 mei , yaps kemarin tepatnya . Semua orang antusias melihat keputusan snmptn itu , kecuali gue . Lalu gue cek sambil males-malesan , eeeh gue lolos ke UIN Sunan Gunung Djati yang di bandung dengan prodi ilmu komunikasi konsentrasi jurnalistik , gue seneng banget dan gue pamer ketemen-temen , ternyata mereka lolos juga di univ pilihan nya.  Tapi gue gak seseneng itu , karena sekarang gue ada di 2 pilihan . Gue pengin banget ke negri dan ambil itu uin , tapi sayang nya sebagian uang registrasi di telkom akan hangus . Gue coba bicarain , mama bilang gue harus tetep di telkom , secara uang yang hangus itu bukan sedikit . Dengan pasrah , ikhlas gue melepas universitas negri itu . Gue yakin , apa yang gue dapet sekarang merupakan skenario Nya , entah apa itu . Tapi gue gak nyesel milih univ swasta , toh kuliah dimana saja sama kan , yang penting hasil akhir nya kita jadi apa, walaupun gue kuliah di swasta , gue bakal buktiin kalo gue bisa bersaing sama mereka . Gue bakal bikin bangga orang tua , yang udah abis-abisan merjuangin biaya kuliah dan segalanya , semua harus tertarget dengan baik .
So sekali lagi , gausah minder kalo lu gak lolos ke univ negri , gausah minder kuliah di swasta , semua balik lagi ke diri lu , lu mampu gak bersaing sama mereka ? Sekian curhatan gajelas ini , semoga meng inspirasi para pembaca , supaya lebih pede kaya gue gitu haha.
Sampai jumpa lagi di coretan gak jelas berikut nya , see youuu ..

"Percayalah , Tuhan tahu apa yang kamu butuhkan "

CONVERSATION

5 comments:

  1. cara ngelepas uin nya gimana klo jalur snmptn?

    ReplyDelete
  2. cara ngelepas uin nya gimana klo jalur snmptn?

    ReplyDelete
  3. kak apa yg kuliah di Tel-U mahasiswa/i nya berasal dari keluarga yang sangat cukup (kaya) aja?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hay maaf baru sempat balas :(
      Tidak semua ko, aku juga dari keluarga biasa-biasa aja. Pergaulan disana tidak sekeras apa yang dibayangkan ko, asal bisa menyesuaikan diri aja :)

      Delete

Back
to top